Sabtu, 19 Januari 2013

CARA MENGATASI LAPTOP YANG KETUMPAHAN AIR

Seringkali kita melakukan aktivitas online dengan ditemani secangkir kopi dan setoples kacang garing. Ketika sedang asyik tersebut, tiba-tiba gelas kopi kita tersenggol dan kopi pun tumpah mengenai laptop kesayangan. Jika mengalami hal seperti ini, berikut cara mengatasi laptop yang ketumpahan air.


Matikan laptop, segera cabut kabel power atau baterai. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar tidak terjadi konsleting listrik antar setiap komponen sehingga laptop aman dari kerusakan yang lebih parah.


Cabut semua perlengkapan eksternal seperti modem, flashdisk, maupun kipas. Ini untuk mencegah alat-alat tersebut juga terkena imbas dari aliran air maupun konsleting dalam laptop.


Balik laptop untuk memuntahkan kembali cairan yang terlanjur masuk ke pori-pori laptop. Langkah ini untuk mencegah air masuk lebih dalam ke komponen internal laptop.


Bersihkan bagian-bagian yang terkena air menggunakan kain atau handuk yang memiliki daya serap tinggi. Untuk tahap ini, bersihkan dulu permukaan-permukaan laptop yang masih terjangkau kain tersebut.


Singkirkan dan bersihkan semua material yang menempel pada layar, keyboard, maupun  tombol-tombol lain yang dirasa mampu menampung air dalam waktu yang lama. Material ini bisa saja stiker, screen guard, atau tempelan lain.


Khusus untuk yang berpengalaman dan laptop berada diluar masa garansi, cara mengatasi laptop yang ketumpahan air dapat ditambah dengan langkah-langkah berikut:


Bongkar laptop dan lap semua komponen yang terkena air dengan kain lembut. Setidaknya buka casing laptop, dan amankan hardisk Sobat. Pembukaan casing  akan menambah sirkulasi udara seingga air cepat kering.


Angkat semua benda asing yang menempel di bagian dalam laptop. Gunakan sikat lembut atau kipas untuk menghilangkan residu bubuk kopi yang masih melekat. Umumnya, bubuk kopi yang masih menempel akan lama menahan air dan cukup bahaya jika air masuk ke komponen elektronik.


Angin-anginkan di tempat kering atau gunakan kipas untuk mempercepat pengeringan. Hai-hati untuk tidak menggunakan hair dryer atau alat lain yang menimbulkan panas ekstra jika didekatkan ke komponen laptop.


Teliti semua bagian apakah masih ada sisa kotoran atau air yang masih menempel sebelum memasang kembali semua komponen. Jika sobat sudah yakin semuanya kering, pasang kembali komponen dengan hati-hati, dan cobalah menghidupkan laptop tersebut.

Jika laptop tidak mau menyala, segera hubungi service center terdekat. Jangan lupa mencatat kronologis tumpahan tersebut, termasuk langkah-langah sobat dalam berusaha memperbaiki laptop tersebut sebagai masukan untuk mempermudah tindakan lanjut dari si tukang servis.

0 komentar:

Poskan Komentar